Posted in Chemical Engineering

Teknik Kimia itu…

Dulu waktu masih kuliah (sekarang udah lulus) setiap kenalan atau ketemu temen mama, pasti selalu ditanya jurusannya apa, kujawab “Teknik Kimia”. Entah kenapa yang selalu nyantol itu kata “Kimia”-nya aja..

lawan bicara : “Jurusan apa?”

aku                    : “Teknik Kimia”

lawan bicara : “Oh, Kimia…”

aku                    : “Bukan Kimia, tapi Teknik Kimia”

lawan bicara : “oh.. iya, iya..” (tetep gak yakin kalo yang ditangkep Teknik Kimia dan bukan ‘Kimia’)

Jadi inget kata2 Bu Mel (Dosen Teknik Kimia ITB) kalo kebanyakan orang memang gak tau teknik kimia. Bu Mel sendiri kalo ada yang nanyain jadi dosen apa, Bu Mel selalu jawab, “Dosen TK” –> terus orang itu pasti nanya, “Apa itu TK?” –> dan barulah dijelasin apa itu TK (Teknik Kimia).

Sedikit flashback ke jaman2 SMA (gpp yaa.. bntar kok, hehe..). Biasaaa.. obrolannya anak kelas 3 yang bingung mau ambil kuliah di mana dan jurusan apa. Dulu aku suka banget ama Kimia dan tadinya mau ambil jurusan kimia aja, tapi ada satu orang temen yang nyaranin gini, “Ambil Teknik Kimia aja sekalian, biar lebih luas ntar kerjanya. Soalnya kalo Kimia kan lebih ke science-nya, kalo Teknik Kimia lebih ke aplikasinya di industri.” –> setelah dipikir panjang, saran pun diterima –> Akhirnya, aku mutusin buat ambil Teknik Kimia di ITB –> Temenku yang nyaranin itu emang punya pengetahuan yang luas banget di semua bidang.

Menjelang SPMB (lumayan agak jauh sih), di sekolah (SMAN3 Bandung) kedatengan mahasiswa2 ITB dari semua jurusan. Tadinya udah niat bakal nanya2 ke stand Teknik Kimia, tapi beberapa langkah udh mau nyampe, malah bingung lagi. Why? karena standnya paling sepi dibanding stand jurusan lain.. Waduh, knapa yang berminat cuma dikit gini yaa (dalam hati –> tp bagus sebenernya buat ngurangin saingan, hehe).. Celingak celinguk dulu, liat kanan kiri, sampe pura-pura lewat dan jalan bolak-balik.. (ternyata tetep aja sepiii…).. Trus mikir lagi, daripada ntar tambah penasaran, akhirnya ngeberaniin diri juga buat dateng ke stand TK.

Abis dari stand, bukannya tambah pingin masuk TK, tapi ini malah shock berat setelah tau tugas akhirnya “Rancang Pabrik”… Langsung gak kebayang gimana caranya itu, pasti susah banget kan dan segala hal yang malah bikin ragu.. Pokoknya malah semakin gak mau masuk TK. Belum lagi dikasih silabus mata kuliah per semester dan.. wew, koq banyak fisikanya yah, mana kimianya?? -_- tuing tuing.. Tapi entah dorongan dari mana, rasanya tetep aja pingin bisa masuk Teknik Kimia –> mungkin karena aku suka belajar hal-hal baru yang menantang –> menarik banget ^^

So, Alhamdulillah, keterima juga di Teknik Kimia ITB tahun 2006 lewat jalur SPMB (50-50 sama yang lewat USM, skrg udh gak ada lagi ya).

Jadiii… Teknik Kimia itu intinya mempelajari tentang proses kimia. Bagaimana caranya melangsungkan proses kimia mulai dari bahan baku (bahan mentah) sampai jadi produk (barang jadi). Kemudian kita juga menentukan semua hal yang berkaitan dengan proses itu sendiri –> mulai dari bahan bakunya, jenis proses, produknya, alat prosesnya, kondisi proses (temperatur, tekanan, laju alir, dsb.), ngerancang alat proses, nentuin layout pabrik, bahkan sampai evaluasi ekonomi dan masih banyak lagi. Kerennya sih, anak TK itu jadi designernya proses kimia. Kesemuanya itu terangkum di “Rancang Pabrik” (RP). Itulah alasan kenapa tugas akhir anak TK pasti ada rancang pabriknya. Semua ilmu TK diaplikasiin di RP. Kedengerannya berat ya??  bisa dibilang gitu sih, tapi overall seru kok ^^

Kalo profesi seorang Teknik Kimia itu sebenernya luas banget. Memang sih yang paling banyak  pasti di perusahaan oil and gas, tapi bisa juga di bidang yang bahkan berbeda dengan yang ditekuni –> misalnya Bank. Kenapa bisa, karena di TK belajar “Neraca Massa dan Energi” yang similar dengan neraca keuangan. So, luas banget kan ilmu TK. Industri-industri lainnya, misalnya Industri Makanan, Farmasi, Konsultan Enggineering, Manufacture, Kertas, Tinta, dan masih banyak lagi.

Pesen buat temen2 yang sedang atau mau ambil jurusan Teknik Kimia:

Jalanin aja dulu karena setiap tingkat menyimpan ilmu TK yang berharga dan sangat menarik untuk dipelajari apalagi dikaji lebih jauh. Awalnya pasti kerasa sulit, tapi lama-lama kita bakalan terbiasa juga apalagi kalo kitanya udah suka dan enjoy, semuanya tentu bisa dijalanin dengan lebih happy ^^..

Kesan Pesan tentang Teknik Kimia:

Ilmu TK itu luas banget. Banyak hal yang bisa dipelajari, diteliti dan diaplikasiin untuk masyarakat. Hal yang aku rasain di tingkat 1 adalah –> Bingung,, dan pasti teman2 TK yang lain juga ngerasa begitu.. Sebenernya Teknik Kimia itu belajar apa aja sih, kerjanya di mana, katanya pelajarannya susah banget, kesibukannya peringkat ke 2 setelah IF (Informatika) dll. Bahkan -Jujur nih- sebenernya ampe tingkat-3 kuliah, belum tau ini ilmu aplikasinya gimana nantinya. Soalnya kebanyakan mata kuliah di tingkat 2 dan 3 itu adalah pecahan dari ilmu TK. Jadi baru bisa mengerti dengan baik kalo ilmu-ilmu itu digabungin jadi satu. Nah, itu baru terjadi pas kita di tingkat 4. Kita dituntut untuk bisa ngegabungin semua ilmu TK itu dari tingkat 1 sampai 4 dan tentunya baru ngeuh banget dan ngerti banget  pas tingkat 4. Jadi, wajar aja klo pas tingkat 2 atau 3 belum ngeuuhh banget ilmu TK, apalagi tingkat 1 yaa.. hehe..

Sedikit pengalaman pribadi pas tingkat 4 (pas mau kompre). Ternyata kalo kita benar2 mendalamin suatu ilmu, rasanya kita jadi semakin haus ilmu dan pingin belajar lebih banyak lagi. Itu yang terjadi padaku di saat2 terakhir kelulusan –> makin penasaran dengan ilmu teknik kimia dan rasanya pingin belajar lebih mendalam lagi.. lebih jauh lagi.. lebih banyak lagi –> pingin banget ngelanjutin studi ke S2 –> one of my dreams too ^^ mungkin 2-3 tahun lagi.. Kenapa gak langsung lanjut pas abis lulus aja?? Karena pingin ngerasain dunia kerja dulu seperti apa, cari pengalaman yang banyak.. Intinya sih, cari pengalaman sekaligus pingin mengaplikasikan ilmu yang udah ditekuni selama ini..

Ok.. Tetep Semangat!! karena tidak ada hal yang tidak mungkin terjadi jika kita mau berusaha dan memperjuangkannya..

Author:

Just a girl that always wants to do somethings new in her life.. dalam rangka menggapai ridlo Allah Subhanahuwata'ala tentunya.. :) I'm a violinist and pianist.. I love my violins (Brefcia and Sagezza) and my piano (Schitterend) so much ;) I'm a happy wife of lovely husband, Abay, since 2 January 2017.

119 thoughts on “Teknik Kimia itu…

  1. mau tanya doong, bisa kasih tips and tricks biar bisa masuk teknik kimia? pengen banget masuk tekkim. makasih 🙂

    1. halo nadya 🙂 tips ‘n tricks-nya lebih dipahami lagi pelajaran-pelajaran matematika, fisika dan kimia yaa karena di teknik kimia dasarnya memang 3 pelajaran itu.. Jadi, mesti benar-benar paham untuk bisa jadi lulusan Teknik Kimia nantinya 🙂

    2. Kak, apakah kalo masuk TK di ITB nilainya pelajaran mafia nya harus diatas 85 atau diatas 90 an gitu? 😩

  2. mau tanya dong kak, aku skrng kelas 2 sma trs maunya sih ambil teknik kimia tapi pas aku baca2 lg ternyata fisikanya harus jago ya kak? sedangkan fisika aku lemah banget:( menurut kakak gmn?

    1. Halo,,

      iya, Teknik Kimia banyak Fisika dan Matematika, jadi kamu harus bisa nguasain dua mata pelajaran itu. Masih ada waktu untuk belajar lebih giat lagi karena kan kamu masih kelas 2 SMA dan masih ada waktu untuk berpikir ulang tentang jurusan lain yang mungkin kamu minati juga 🙂 Intinya sih, jangan sampai diri sendiri jadi terbebani. Pilih jurusan yang memang kamu minati dan sesuai dengan kemampuan yang bisa kamu capai 🙂

      1. pdhl tadinya aku gamau ambil jurusan yg ada fisika2nya kak:( soalnya klo ngerjain soal fisika suka hopeless sendiri, mungkin krna kurang bljr kali ya huhuhu:( klo jurusan kimia lebih banyak kimianya apa ada fisikanya juga kak? maaf ya kak bnyk nanya hehe

  3. kak bisa jelasin teknik kimia secara detail lagi ga ? and then please follow back my twitter account here @dansugiyarto thank you :))

    1. mayoritas pelajaran di teknik kimia itu fisika, matematika, sedikit kimia. Kalau ilmu kimia ya memang full kimia bahasannya dan biasanya mendetil banget sampai mempelajari struktur atom gitu. Kalau biokimia itu gabungan antara kimia dan biologi, jadi mempelajari bakteri-bakteri gitu juga 🙂

    1. teknik kimia banyak fisika dan matematika (hitungan). Kalau kamu lemah di keduanya, lebih baik jangan ambil teknik kimia 🙂 ambil jurusan lain aja yang kamu anggap mampu untuk bisa kamu kejar.

  4. kak, sekarang pengalaman kakak kerja setelah lulus gimana? dan kakak kerja di mana? terima kasih 🙂

    1. udah lulus rasanya lega, hehee.. tapi perjuangan masih berlanjut. Kalau dulu stres stres ngerjain tugas kuliah, sekarang stres stres ngerjain kerjaan di kantor 😀 aku kerja di perusahaan konsultan energi sekarang..

  5. kak mau tny nih
    dalam TK,apa kita jga mempeljri b.inggris?
    mapel kuliahnya apa aja
    tlong d jwab
    mkasih

    1. secara nggak langsung belajar Bahasa Inggris karena kebanyakan buku-buku Teknik Kimia itu buku luar yang memang teksnya Bahasa Inggris 🙂 klo mata kuliahnya banyak, coba kamu buka-buka web universitas yang ada jurusan teknik kimianya aja, kayak ITB, UI, UGM 🙂

  6. Kak, bisa tolong jelasin lagi gak tentang tugas akhir ‘rancang pabrik’ itu kayak gimana? susah enggak? makasih ya kak sebelumnya

    1. tugas akhir rancang pabrik dikerjain berkelompok 3 orang, jadi nggak akan kerasa terlalu susah karena bisa bagi-bagi tugas dengan teman yang lain. Rancang pabrik itu mirip denga kelayakan studi, ibaratnya kayak kamu mau bikin rumah, kamu harus nentuin fondasinya, letak kamar, materialnya apa sampai sumber dari material itu sendiri. Kalau kamu udah di tingkat akhir kuliah, ilmu yang kamu dapet udah dinilai mampu untuk melakukan rancang pabrik. So, don’t worry, nggak sesusah yang kamu bayangin kalau kamu udah di tingkat 4 🙂

  7. Assalamu’alaikum, salam kenal… admin, ada g’ alamat facebooknya… kalau boleh sy mau belajar dari Admin… sy sekarang ngajar di SMK Teknik Kimia industri, tapi sy sarjana Sains Kimia murni… kalau bleh sy mau belajar Tekim via Online dengan Admin.. terimakasih sebelumnya…nama akun fb sy : “teknik kimia”

  8. kak aku anak SMAN 8 udah kelas 3, masih bingung ttg jurusan ini. kak aku mau tanya dong, apakah di itb teknik kimia itu banyak saingannya? Kalau di fakultas FTI orang sering ngambil jurusan TK gak kakak?

    1. iya, teknik kimia itb banyak saingannya karena masih jadi jurusan favorit. Kalau kamu masih bingung harus pilih jurusan apa, coba dimulai dari pertanyaan-pertanyaan sederhana ke dirimu sendiri 🙂 misalnya, pelajaran apa yang paling kamu suka, setelah kuliah kamu ingin bekerja di mana dan jadi apa, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.. dari jawaban itu, kamu sesuaikan dengan jurusan-jurusan yang menjadi minat kamu.. 🙂

      Oh, ya, satu hal penting, jangan ikut-ikut terbawa teman-temanmu atau ikut-ikutan pilih jurusan hanya karena populer, tp sebenarnya nggak kamu minatin. Soalnya ini menyangkut masa depanmu. Akan jadi apa kamu nanti di masa depanmu, ditentukan dari pilihanmu sekarang 🙂

  9. Kak aku pengen banget masuk kimia dan alhamdulillah aku kebetulan juga suka hitung hitungan tapi masalahnya kemampuan bahasa inggrisku kurang bangt,menurut kaka bagaimana? Terimakasih

    1. Kemampuan bahasa inggris sebenarnya bisa kamu kembangin sejalan dengan kamu kuliah nanti. Lebih bagus lagi kalau kamu sudah mulai persiapan bahasa inggris dari sekarang 🙂

  10. Haii Kak, Aku masih kelas 1 smp tapi dari dulu aku udah pengen ngambil teknik kimia. Teknik kimia itu nanti kerjanya jadi apa kak? Kalau di Itb, per angkatan jumlah siswa per jurusan berapa orang? Makasiih kak 🙂

    1. Halo juga :).. wah, bagus kalau kamu sudah tahu kamu ingin kuliah apa nantinya, tapi perjalanan kamu masih panjang 🙂 di SMA nanti, akan banyak sekali hal-hal yang mungkin di matamu akan lebih menarik nantinya, jadi kamu masih punya banyak waktu untuk benar-benar memilih apa yang akan kamu pilih saat kuliah nanti. Sebagai gambaran, kebanyakan lulusan teknik kimia itu kerjanya di dunia oil & gas sebagai process engineer, tapi secara umumnya bisa kerja di berbagai industri termasuk di bank. Kalau jumlah mahasiswa di ITB per tahunnya sekitaran 100 orang.

  11. Kak, aku pengen banget masuk tekim soalnya aku suka banget sama matematika dan kimia, tapi masalahnya aku lemah di mapel fisika. menurut kakak gimana nih? trus klo boleh tau, di teknik kimia nih fisikanya seputar apa aja sih kak?

    1. kalau kamu lemah di fisika, agak sulit untuk kuliah di teknik kimia karena kebanyakan dasarnya adalah fisika, seperti termodinamika. Kalau kamu merasa kamu bisa belajar dan mengurangi kelemahanmu di fisika, lanjutkan aja, tp kalau kamu merasa nggak yakin untuk bisa mengejar, ada baiknya untuk mencari jurusan lain yang lebih sesuai dengan minat dan kemampuanmu 🙂

  12. Hai kaak.. Aku pengen juga nih kak masuk tekkim. Tapi takut kak… Menurut kakak cara belajar fisika yang enak gimana ya kak. Makasih sebelumnyaaa

    1. Haloo.. kenapa mesti takut? 🙂
      sebenernya rasa takut karena sesuatu yang belum kita tahu memang wajar, tapi perlahan rasa takut itu akan hilang kalau kita mulai untuk mencari tahu apa yang kita tidak tahu. Kalau kamu merasa takut masuk teknik kimia, ada baiknya kamu cari tahu dulu di teknik kimia itu apa sih yang dipelajari, kalau berkaitan dengan kampusnya, bisa juga cari tahu tentang kehidupan perkuliahan dan kalau perlu lakuin survey :)..

      Sebenernya, untuk belajar pelajaran apa pun, bukan hanya fisika, yang terpenting adalah konsep dasar/pemahaman dasar, bukan hanya asal menghapal rumus tanpa tahu dari mana rumus itu berasal. Jadi, pemahaman inilah yang seharusnya diterapkan sejak awal.

  13. Kak, mau nnya, bukan nya tekim dibagi jadi 3 lg ya? Ad pangan, lingkungan dan kimia murni, yg kakak ambil itu yang mana? Tlong di jwb ya kak, makasih 🙂

    1. iya, ini namanya sub-jurusan. Kalau di ITB dibaginya jadi Teknik Kimia Umum, Bioproses dan Teknologi Pangan. Aku ambil Teknologi Pangan karena waktu itu kayaknya menarik banget untuk tahu bagaimana pemrosesan makanan skala besar/industri 🙂

    1. Dulu fisika sedang-sedang aja, tp memang suka matematika dan kimia 🙂 . Sebenernya dulu malah pinginnya masuk jurusan kimia murni karena suka banget ama kimia, tapi banyak yg nyaranin untuk ambil teknik kimia aja karena yg dipelajari lebih luas. Akhirnya mutusin milih teknik kimia 🙂

  14. Kak saya ingin bertanya, di jurusan Teknik Kimia itu jelas ada mata kuliah Bahasa Inggris, namun mata kuliah tersebut sama dengan pelajaran pelajaran waktu SMA atau lebih kompleks lagi ruang lingkupnya?
    Oiya apakah siswa SMK akan mampu menjalaninya setiap mata kuliah yang ada di teknik kimia?secara jurusan tersebut bisa dibilang sangar.
    Terima Kasih 😀

    1. Kalau di ITB, semua mahasiswa baru semester I dapat pelajaran Bahasa Inggris, nggak hanya di Teknik Kimia aja :). Pembagian kelasnya sesuai dengan hasil tes toefl kamu, ada kelas reading sampai writing. Yang dipelajari sebenarnya hanya pelengkap aja dari materi di SMA.

      Menurutku, siswa SMK juga punya peluang yang sama kalau memang ingin kuliah di jurusan Teknik Kimia. Bedanya hanya persiapan di masa SMA-nya. Kalau di SMA, pelajaran-pelajaran yg diajarkan memang yang sudah diarahkan sebagai persiapan memasuki jenjang kuliah. Sementara di SMK, yang dipelajari lebih banyak ke hal-hal praktikal sehingga pelajaran-pelajaran yang diajarkan untuk siswa SMA harus dipelajari sendiri oleh siswa SMK 🙂

  15. Oh seperti itu, wah saya tertarik sekali dengan jurusan ini, bagi saya jurusan ini menantang banget. Tapi yang buat saya pesimis ketika buku referensinya itu bahasa inggris kak, sebenarnya sih bahasa inggris itu asik, tapi entah kenapa saya selalu saja lemah di pelajaran ini. Kira kira kelemahan bahasa inggris ini akan menjadi penghalang terbesar untuk terjun ke jurusan ini tidak ya kak? soalnya yang saya tahu, bahasa inggris itu hal yang utama banget pada membaca buku buku referensi, tapi apakah pengajaran di kelasnya itu bahasa inggris jadi hal utama juga kak? 🙂

    1. Sebagian besar buku yang digunakan memang berbahasa Inggris karena referensinya banyak dari buku-buku lama terbitan luar negeri, tapi ada juga modul-modul dan diktat kuliah yang dikeluarkan oleh dosen pengajar. Bahasa Inggris sebagai “penghalang” –> rasanya engga begitu juga 🙂 tapi memang menjadi penunjang untuk lebih bisa memahami materi kuliah. Bahasa pengajaran masih Bahasa Indonesia kok, kecuali ada kuliah tamu yang terkadang narasumbernya orang bule. Yang penting jangan menyerah dan terus belajar 🙂 lama-lama pasti bisa.

  16. Kak kok keren banget sih penjelasan nya. Aku agak lemah di fisika dulu tapi sekarang mulai suka lagi. Nah ayah aku yang bilangin aku bagus nya masuk Teknik kimia (ayah aku kerja di salah satu perusahaan minyak) nah awalnya aku mau ke kedokteran. Makin ke sini aku makin tertarik masuk Teknik kimia. Boleh tau tips kakak belajar di sma ga? Biar kita ga jenuh Fisika gitu. Kalo mau kerja di perusahaan perminyakan itu Teknik kimia nya sub jurusan apa? Aku tertarik banget buat masuk Teknik Kimia sekarang. Kakak ngejelasin nya juga rinci banget. Oh Iya aku sekarang masih kelas 11 jadinya masih bisa naikkin nilai aku kan?

    1. Sub-jurusan di Teknik Kimia itu sebenarnya hanya perluasan pengetahuan aja. Setelah lulus, mau sub-jurusan-nya teknologi pangan atau pun bioproses, tetap diakui lulusan Teknik Kimia dan bisa bekerja juga di perusahaan perminyakan :). Tapi kalau memang nggak tertarik dengan pangan dan bioproses, sebaiknya memang ambil sub-jurusan Teknik Kimia Umum (TKU).

      Tips belajar sewaktu SMA, mau apa pun pelajarannya, yg utama adalah pahami konsep dasarnya 🙂 lalu hapalkan rumus yg ada dan setelah itu perbanyak latian soal-soal dengan tingkat kesulitan yg beragam. Biasanya tempat bimbel lebih jago nih untuk urusan koleksi soal-soal 😀 . Karena kamu masih di kelas 11, masih banyak kesempatan koq buat naikkin nilai kamu. Belajar yang rajin dan jangan menyerah sampai dapat hasil yang memuaskan 😉 Semangaatt !

      1. Kak kalo teknik kimia itu awalnya pilihnya FTI dulu ya kak? Terus kalo udah FTI nanti baru dibagi bagi lagi gitu?

  17. Kak, misi mau nanya nih. Menurut kakak kalo saya suka fisika tapi nilainya fisekolah enggak bagus bagus amat bisa enggak kak di ngejar di teknik kimia? Trimakasih kakak

    1. haloo.. Tergantung diri kamu sendiri untuk mengukur sejauh apa kemampuanmu 🙂 apa kamu merasa yakin bisa mengejar pelajaran fisika di sekolah dan dapat nilai bagus atau malah sebaliknya. Yang jelas, jangan memaksakan diri. Kalau memang kamu merasa kemampuanmu nggak mencukupi untuk bisa mengejar nilai fisika, ada baiknya kamu pertimbangkan jurusan lain yang sesuai kemampuanmu dan minat kamu 🙂

    1. Farmasi ada jurusannya tersendiri. Kalau manufaktur dan konsultan lebih mengarah ke dunia kerja, dan di perkuliahan hanya dibahas gambaran umumnya aja.

  18. Kak klo ak suka fisika dan mtematika, tpi kimianya biasa aja gmn? tpi aku suka yg ngubah brg mentah jdi brg jadi soalnya ak anak kir,
    Tapi ak takut msk tekkim soalnya ntar takutnya byk pljrn kmia yg ribet,…..apa plrn kimianya ribet ya?

    1. pelajaran kimianya seperti di SMA, tp lebih dalam sedikit dan banyak praktikum proses kimia. Kalau udah dijalanin nggak sesulit yang dibayangkan koq 🙂

  19. Assalamualaikum kak. Maaf kak mau tanya. Sy masih bingung kak, sy ada 2 pilihan jurusan untuk kuliah yaitu kedokteran dan teknik. Untuk teknik sy pengen ke FTMD itb. Sm tekkim, tp mslahnya untuk masuk itb dan kedokteran sy agak ragu dg nilai sy, akhirnya ortu nyaranin saya ke tekkim undip, nahh, yg jd pertanyaan, sy sbnernya suka sih dg matematika dan fisika, tp kok kt org klo masuk tek kim harus niat dr dlm hati, n tegar, krna banyak yg ga kuat sm kuliahnya yg akhirnya keluar, trus klo tek kim,materi fisika garis besarnya belajar apa aja kak, matematika tek kim materi kalkulus, dll susah nggak kak, o ya satu lagi menurut kakak buat nyari ip 3 ke atas susah nggak kak?maaf ngerrpotin terimakasih

    1. Memilih jurusan apa pun memang harus niat dari diri kita sendiri karena kalau kita nggak suka dengan jurusannya dan nggak sesuai dengan hati, maka apa pun pasti sulit. Banyak yang keluar kuliah kebanyakan karena mereka memang tidak cocok dan tidak suka dengan jurusannya, ini yang disebut salah pilih jurusan. Jadi memang harus diniatkan dari hati :).. materi kuliahnya bisa kamu searching di web-nya ITB, di sana ada penjelasannya kalau nggak salah. Kalau kalkulus, semua mahasiswa di berbagai perguruan tinggi pasti belajar ini. Untuk dapat IP yang bagus, balik lagi ke diri sendiri, kitanya harus suka dulu. Kalau udah suka, belajarnya pasti terasa mudah.

  20. Kak gimana ni, ak mau ambil TK tapi katanya TK sulit, sesulit apakah TK? Ap jurusan ini lebih sulit dr jurusan yg lain? Apkah TK menekankan pada pemahaman atau penerapan? Bagaimana cara memahami prosesnya.. Lebih sulit yang mana dibandingkan dengan teknik sipil..

    1. Jurusan TK memang sulit karena passing gradenya yang tinggi, jadi mahasiswa yang diterima adalah yang terbaik yang dirasa mampu untuk dapat melewati masa perkuliahan di teknik kimia. Sulit itu relatif yah, asalkan kita suka dengan jurusannya dan memang sesuai dengan minta kita, pasti nggak akan terasa sulit. Jadi, kembali ke diri kita sendiri. Jurusan apa pun akan terasa sulit kalau kitanya nggak suka. Jadi, pilih jurusan yang sesuai minat dan kesukaan kita, juga dengan mempertimbangkan kemampuan yang kita punya.

  21. Hai kak, maaf kak mau nanya tentang TK, setelah baca blog kakak yg dalam TK itu byk dipelajari pljr mtk, fisika, dan kimia. Nah, pelajaran mtk dan fisika seperti apa yg dipelajari? Terima Kasih sblmnya 🙂

    1. halo.. hmm.. matematika banyak integral2 gitu, klo fisika lebih dominan termodinamika, ada juga perpindahan massa. Dasar matematika dan fisikanya harus cukup kuat supaya bisa mengikuti mata kuliah-mata kuliah di tekkim. Lebih detil kalau kamu coba cari tau langsung ke website univ2 dan cari silabusnya 🙂

  22. Kak, mau tny d tekkim apakah keilmuannya linear dng tekn.pangan? Sebelum msk pra rancangan pabrik, kan ad riset d lab..biasanya bs d slsaikan brp lama kak? Tks

    1. cukup linear dengan teknologi pangan karena berkaitan dengan proses. Hanya saja ilmu mengenai teknologi pangan di tekkim ITB hanya berupa minor saja, nggak full. Kalau kamu ingin fokus langsung ke teknologi pangan, kalau nggak salah tahun ini sudah ada jurusannya sendiri di ITB, coba kamu cek cek ke websitenya aja 🙂

      Lalu untuk riset di lab, itu tergantung dari topik penelitian, dosen penelitian, dan jg usaha mencari referensi dan data terkait 🙂 bisa jadi lebih lama atau lebih cepat dari rencana yang awalnya diajukan ke dosen.

  23. Hai kak, perkenalkan saya Anwar, Mahasiswa semester 6 jurusan Teknik Kimia Nuklir disalah satu sekolah tinggi di yogya, seperti pernyataan kakak diatas bahwa sampe tingkat 3 pun masih sedikit buta dengan pengaplikasian ilmu tekkim di dunia kerja. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.
    1. Apakah semua Chemical Engineering tools yang didapat dibangku kuliah, semuanya diaplikasikan didalam dunia kerja? saya sedikit ragu untuk pengaplikasikan neraca transfer massa dan kinetika reaksi kimia, apakah juga akan diaplikasikan ? (mengingat betapa rumit nya persamaan2 kedua chemeng tools tsbt).
    2. Kebetulan saya memiliki passion untuk bisa terjun di dunia pekerjaan Teknik Kimia yang berhubungan dengan Analisis bisnis, ya bisa dibilang mengarah untuk studi kelayakan suatu proyek industri. Apakah ada saran dari kakak, jika saya ingin mendalami passion saya kak? Apakah nantinya Chemical Engineering tools yang saya dapat dikuliah juga akan mempengaruhi suatu analisis bisnis kak?
    3. Di dunia kerja. Kebanyakan aplikasi software yang dipakai itu apa ya kak? ASPEN Hysys, atau kah Aspen A+, ataukah autocad kak?
    4. Banyak kak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan S1 Chemical Engineering, tetapi titel saya adalah D4 Nuclear Chemical Engineering, apakah banyak perusahaan yang mengharuskan S1 kak? apakah kesempatan D4 kalah dengan S1 (padahal D4 setara dengan S1, hanya saja lebih kearah practice) ?

    1. Aku coba jawab yaaa..
      1. Tidak semuanya dan juga bergantung pada bidang pekerjaan yang kamu tekuni nantinya. Yang umum digunakan itu Hysys dan Aspen. Lebih dari itu mungkin nantinya malah akan kamu temukan di dunia kerja dibandingkan di perkuliahan.
      2. Hmmm.. bisa dibilang porsi keilmuan teknik kimia di bidang analisis bisnis tidak banyak karena aplikasi keilmuannya, juga perhitungan2 engineering yang dipelajari di perkuliahan tidak banyak diaplikasikan, bahkan mungkin tidak ada. Analisis bisnis lebih banyak pada pemikiran yang lebih luas dan melihat keseluruhan suatu rantai bisnis dan proses, tidak mendetil, sementara perhitungan engineering adalah bagian kecilnya. Saran yang tepat mungkin kalau memang kamu memang lebih senang dengan kegiatan analisis dibandingkan perhitungan engineering, akan lebih pas untuk terjun di bidang business development suatu proyek. Tapi kalau kamu lebih suka bidang engineering, lebih pas ke perusahaan2 EPC.
      3.Setau aku yang banyak dipakai Hysys dan Aspen.
      4. Hmm.. memang kalau gelar S1 lebih umum digunakan di persyaratan pekerjaan, tetapi nggak ada salahnya kamu tetap memasukkan lamaran kamu karena nantinya mereka pun akan membaca CV mu dulu sebelum seleksi.

  24. Sekiranya kakak dapat meluangkan waktu untuk menjawab beberapa pertanyaan saya diatas, untuk menambah pengetahuan saya sehingga saya siap untuk terjun kedunia kerja. Thank you.

  25. halo kak mau tanya. kimia di pelajaran teknik kimia kepake banget ga ya kak? soalnya aku suka sama pelajaran mat fisika, tapi agak kurang di pelajaran kimia kak. kalo memang kimia nya kepake banget, pelajaran kimia apa kak yg harus dikuasai dari SMA? sekarang aku kelas sma 3 kak, terimakasih.

    1. iya, Kimia nya nggak terlalu banyak, tapi tetap esensial untuk dipelajari 🙂 mungkin bisa dipelajari lebih banyak tentang proses reaksi kimia, apalagi yang melibatkan perubahan suhu, tekanan dan laju alir.

    1. wiii.. adik kelas.. *walo jauh banget*..
      sori, nggak membuka private conversation 🙂
      tapi karena kamu udah jadi bagian fti, akan ada banyak senior2 yang bantu kamu kalau kamu aktif bertanya ke mereka. Good luck.

  26. Hai. Anak saya sekarang tingkat 2 tehnik industri di itb. Dia dr sma pengen banget ambil tenik kimia. Dia pintar mata pelajaran mat fisika kimia. Nah yg jd kendala setelah diterima di itb dia test buta warna ternyata dis buta warna partial. Apakah memang berbahaya di lab kalau buta warna pattial? Yg saya tau di amrik d belanda tdk ada syarat itu(krn dia sdh daftar ke amrik d brlanda tp dia dpt sbmptn.) Dia sekarang agak frustasi. Karena dia suka mata kuliah di tk kalau di tf ada yg dia ngak suka. Apa yg harus dia perbuat sekarang?

    1. Halo Bu Tina 🙂 Iya, bu, sangat penting untuk tes buta warna untuk bisa masuk teknik kimia karena semua praktikum dan penelitian nantinya akan berhubungan dengan bahan-bahan kimia dan reaksi kimia yang salah satu indikatornya adalah perubahan warna. Akan sangat sulit jika anak ibu kurang dapat membedakan warna karena bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Saran saya, karena anak Ibu sudah di tf, pasti ada mata kuliah yang dia sukai walau hanya satu sehingga bisa langsung difokuskan ke satu hal itu saja.

  27. kak mau nanya dong, aku masih bingung banget untuk nentuin fakultas mana yang harus aku ambil saat kuliah nanti padahal sekarang udah kelas 12. Rencananya sih mau ngambil fakultas yang berhubungan dengan pelajaran kimia karena nilai kimia aku dari kelas 11 stabil, kakak bisa kasih referensi ga fakultas apa aja yang berhubungan dengan kimia selain teknik kimia. Karena fisika aku lemah banget jadi ga berani untuk masuk teknik kimia. Satu lagi kak, minta referensi universitasnya juga ya untuk di kota Bandung. makasih kak sebelumnya

    1. halooo 🙂
      kalau kamu suka kimia dan ingin memperdalam kimia, jurusan kimia murni bisa jadi referensi. Untuk universitasnya, tentunya lebih baik pilih yang negeri dulu baru swasta. Kalau di Bandung, ada ITB juga Unpad. Walau udah kelas 12, tapi kamu masih punya waktu yang cukup untuk menggali lagi minat kamu 🙂 yang penting jurusan yang kamu pilih adalah jurusan yang memang kamu sukai.

  28. kak minta tips buat masuk TK dong kaya gimana… cita cita saya ingin masuk jurusan yang menyangkut soal pelajaran kimianya.. minta bayangannya tentang teknik kimia dong kak.. katanya kebanyakan pelajaran fisikanya? itu fsikanya dari fisika dasar gak kak? nah terus kalau peminat tiap tahun nya di TK itb seberapa banyak? apa nilai UN sama rapot kimia, fisika, matematika kita berpengaruh buat diterima atau enggaknya?

    1. yupp, teknik kimia itu dominan fisika, matematika, kimia. Untuk mahasiswa baru, semuanya pasti belajar Fisika Dasar, juga Kimia Dasar di tahun pertama. Untuk peminat, jurusan teknik kimia memang lagi booming beberapa tahun terakhir ini, banyak banget peminatnya. Itu yang bikin passing grade-nya tinggi. Kamu harus belajar yang rajin 🙂 Untuk bisa diterima di teknik kimia, hanya melalui jalur seleksi nasional atau SNMPTN, nilai raport nggak berpengaruh, itu hanya berlaku untuk kelulusan sekolah aja.

  29. ka saya kelas 3 SMA rencananya saya mau ngambil Teknik kimia, kira kira ngambil jurusan teknik kimia biayanya brp kak ? rencananya saya mau kuliah sambil kerja kira kira bisa ngak kak?

    1. Teknik Kimia itu termasuk jurusan yang susah. Masuknya susah, belajarnya susah dan mau lulus pun juga susah 🙂 aku saranin sih, di tahun pertama dan kedua, lebih baik fokus dulu kuliah supaya kamu bisa beradaptasi dulu dengan lingkungan dan materi kuliah. Masuk tahun ke-3 biasanya udah tahu selah-selah perkuliahan. Tapi, kalau kuliah sambil kerja, kamu harus udah siap dengan risiko yang bakal dihadapi karena menurutku waktu kamu jadi penuh banget dan kemungkinan besar bakal capek. Harus jaga kondisi juga. Untuk biaya kuliah sekarang udah nggak update lagi karena udah jauh berbeda dengan kondisi waktu aku kuliah. Mungkin kamu bsa hubungi bagian TU jurusan untuk tanya-tanya. Kalau butuh beasiswa juga banyak loh asal mau berusaha.

  30. Kak, kalo teknik kimia harus bener bener kuat ga sih kimia sama fisikany?? Dalam penerapannya bakal lebih banyak fisika atau kimianya ya??

    1. Fisika dan matematika harus kuat karena akan banyak hitungan, rumus juga konsep dasar. Sementara kimia akan dijadikan dasar untuk pemahaman proses kimia. Jadi, ketiganya berkolaborasi jadi satu.

  31. Aassalamualikum kak, saya anne , masih kelas 2 di sman 17 makassar, saya mau bertanya kak, fisika yang dipelajari selain materi termodinamika apalagi kak? Saya suka banget sama pelajaran kimia tp fisika dan mtk yah kadang suka kadang nggak suka tergantung materinya. Gimana tuh kak? Apa nanti sy akan dapat kendala dgn fisika dan mtk kalo masuk teknik kimia nantinya? Makasih

    1. Kalau kamu merasa masih bisa memahami pelajaran fisika dan kimia walaupun kamu kurang suka, kamu bisa jadiin teknik kimia untuk referensi jurusan yang kamu pilih nanti. Semuanya kembali lagi ke kamu 🙂 kalau kamu yakin bisa, maka kejar terus. Apalagi kamu masih kelas 2, masih banyak waktu untuk menggali minat kamu dan mau jadi apa kamu di masa depan nanti. Itu semua akan mengarahkan kamu ke jurusan yang benar-benar kamu inginkan.

  32. Kak aku mau tanya ,aku itu suka banget sama kimia,tapi aku sama sekali nggak menguasai fisika ,tapi aku juga menguasai matematika ,jadi kak aku suka matik sama kimia ,tetapi tidak untuk fisika ,menurut kakak aku sebaiknya ambil jurusan apa ?makasih kak

    1. hmm.. klo kamu suka banget matematika, sebaiknya kamu ambil jurusan teknik karena lulusan jurusan teknik biasanya lebih mudah untuk bekerja di bidang apapun nantinya, termasuk untuk kerja di Bank sekalipun jurusanmu tidak ada hubungannya dengan bank. Untuk lebih spesifiknya, mungkin kamu bisa ambil jurusan Teknik Industri. Kalau kamu merasa bisa mempelajari fisika walaupun tidak terlalu menguasai, kamu bisa juga pilih Teknik Kimia, yang penting kamu menyukai apa yang kamu pelajari. Kalau suka dengan gambar dan bangunan, kamu bisa pilih Teknik Arsitektur. Jadi intinya, kamu harus eksplor lagi minat spesifik kamu di bidang lainnya 🙂

  33. Kak mau nanya dong 😊 aku mau masuk Tk tapi nilai fisika ya biasa aja… kakak bilang di salah satu jawaban kalo cuma pake SNMPTN bisa masuk tekkim.. di SNMPTN ini ga liat rapot ya kak? Ato tetep liat? Thks ya kak untuk pencerahannya..

    1. iya, untuk di ITB sekarang hanya satu jalur. Untuk lebih jelasnya kamu bisa cari tau lagi lebih banyak langsung ke Fakultasnya. Rapot sudah tidak dilihat lagi, semuanya sudah pakai jalur tes 🙂 Gak apa-apa kok kalau nilai fisika kamu biasa aja, yg penting adalah kamu suka mempelajari bidang fisika itu. Kalau sudah suka, pasti lebih mudah mempelajarinya. Nilai hanyalah sebuah angka, yg penting adalah pemahaman yang kamu dapatkan 🙂

  34. Kak saya kelas 11 di SMAN 81 Jakarta. Buat kuliah nanti saya mau ambil FTI ITB jurusan Teknik Kimia. Saya sudah suka pelajaran kimia sejak kelas 10, makanya saya tertarik dengan jurusan Teknik Kimia. Tetapi untuk pelajaran fisika dan matematika sebenarnya biasa2 saja, tidak suka dan tidak benci. Jadi menurut kakak gimana ya kak kalo saya masuk FTI ITB jurusan Teknik Kimia? Makasih kak.

    1. Kalau tidak suka dan tidak benci berarti masih ada potensi untuk berubah menjadi suka 🙂 dicoba aja pilih teknik kimia, tapi sesuaikan juga dengan kemampuanmu yaa, jangan dipaksakan jika memang dirasa kurang. Persiapkan juga pilihan jurusan lain dengan bidang yang kamu minati agar nanti tidak kebingungan untuk menentukan pilihan ke-2 🙂

  35. mau tanya dong kak . kakak mata kuliah pilihannya yang diambil apa kak ? sekarang kakak udah kerja belum ? kalau udah sekarang kerja dimana ? saya juga tekkim baru maba si mau masuk semester 2 sekarang . kalau liat mata kuliah pilihan suka bingung pingin aku coba semua rasanya . wkwk

    1. hehe.. iyaa, mata kuliahnya banyak bangeeettt, tapi lebih baik pilih yang memang kamu minati banget juga. Aku sekarang udah kerja di perusahaan konsultan gas 🙂 Selamat menikmati dunia Tekkim !

  36. Kak, mau tanyaa. Aku mau masuk teknik kimia. Skrg kelas 11. Baca dari tulisan kakak tadi, aku jadi agak ragu soalnya ada fisikanya. Fisika di sekolah biasa aja sih, tapi aku takut gak sanggup kalau fisikanya susah. Ohya matematikanya juga gimana ya kak? Thankss

    1. iya, Teknik Kimia dominan matematika, fisika dan sedikti kimia sebenernya. Kalau kamu yakin bisa mempelajari fisika, coba aja pilih Teknik Kimia, tapi kalau kamu merasa nggak bisa suka fisika, lebih baik cari jurusan lain yg kamu minati. Yang penting adalah suka dulu 🙂 pasti lebih mudah belajarnya kalau udah suka.

  37. siip kak blognya…sangat membantu…
    BTW,kak aku mau tanya aku itu suka banget sama fisika dan mate,tp aku aku rasa kimia ku biasa2 aja,nah itu kira2 kalau masuk teknik kimia gimana kak??apa benar klau di tekkim kimianya sedikit??sebelumnya trimakasih kak…

    1. yupp, di teknik kimia dominan fisika dan matematika, kimianya sedikit, nggak terlalu dalam, tapi basic nya tetep mesti tau. Kalau kamu suka ketiganya, bisa dipilih jurusan Teknik Kimia juga ok 🙂

  38. Yosha, tambah semangat mau masuk FTI ITB. Tulisan ini yang saya percaya saat ini. Awalnya saya takut dan ragu sama keputusan yang ambil ini, tapi lewat tulisan ini saya sadar keraguan saya enggak berdasar sama sekali. Saya semakin mantap milih FTI ITB. Semoga ketrima dan ikut jejak kakak. AMI2016

    1. halo.. Makasih udah baca tulisanku. Semangat terus menggapai cita-cita 🙂 biasanya memang keraguan yang muncul itu hanya sugesti dan ketakutan tak beralasan. Be open 🙂 semuanya akan lancar dengan sendirinya.

  39. Halo kak, mau tanya, kakak dulu ambil subjur apa? Apa yang jadi pertimbangan kakak dalam menentukan subjur? Terus sekarang kakak kerja dimana? Makasih..

    1. dulu milih subjurnya teknologi pangan terus belakangan baru tau kalau sekarang teknologi pangan udah misah jadi jurusan sendiri. Dulu milih pangan karena cita-citanya ingin kerja di industri makanan, hehe.. ternyata sekarang malah di bidang gas. temenku juga ada yg dulu ambil subjurnya teknik kimia umum, sekarang malah kerja di industri makanan 🙂 jadi sebenernya subjur itu gak berpengaruh pada saat kerja nanti dan yang terpenting pilih subjur yang mata kuliahnya kamu minati dan sukai.

  40. Salken kak, saya kelas 12 , saya sdh banyak baca referensi tentang tekkim , dan saya tertarik kak . Jadi saya mau nanya kk masuk ITB lewat snmptn atau sbmptn kak? Bagi tips dong kak , supaya bisa masuk ITB seperti kakak 🙂

    1. kalau dulu aku lewat SPMB, sekarang namanya SBMPTN 🙂 *udh lama banget yaa, udah lama banget juga gak ngikutin perkembangan tes perguruan tinggi, hehe.. tips buat masuk ITB, belajar yang rajin 🙂 menguasai pelajaran matematika, fisika, kimia.. kalau kamu ikut bimbel dan suka ada tes-tes nya gitu, perhatikan juga ranking hasil tes kamu. Yang penting sih, terus berusaha, yakin, banyak belajar dan berdoa 🙂

  41. Hy.. Kak.
    Saya kelas 3 sma, mau tanya kalo kuliah teknik kimia berapa tahun ya..?
    Kalo misalkan ada tes, tes nya itu seperti apa..
    Trims.

    1. kuliah teknik kimia sama koq dengan jurusan lain pada umumnya, untuk S1 normalnya 4 tahun. Kalau tes sih ngikut yg dari pemerintah, SNMPTN atau SBMPTN 🙂

  42. hay kak.. aku juga sekolah di sman 3 bandung ka, baru kelas 2, aku ingin masuk teknik kimia tapi ternyata ada fisika juga:( kira2 jurusan yang banyak kimia dan sedikit fisikanya apa ya kak? fisika aku lemah banget:(

    1. wiiihhh, adek kelas ! jauh yaa jarak kitaaa, hehee.. iyaa, teknik kimia banyak fisika dan matematikanya. kalau kamu suka banget kimia, bisa ambil jurusan kimia murni 🙂

  43. Hallo kak,saya mahasiswa baru teknik kimia kak.dan di krs saya ada mata kuliah menggambar teknik,itu gimana ya kak?apakah kita harus pintar menggambar juga kak?soalnya saya kurang bisa menggambar kak.😢😢.kalo masalh hitung2an saya suka sih kak.hehehhe
    Terimakasih sebelumnya kak😊

    1. kalau waktu kuliah dulu, nggak ada menggambar teknik, hehe.. mungkin lebih ke menggambar peralatan industri kali ya, klo itu dulu ada supaya lebih mengenal peralatan industri gitu, tapi nggak harus jago gambar koq, yg penting tau posisi/nama-nama bagian alat itu sendiri.

  44. kak nanya dong, lulusan teknik kimia kalo kerja di perusahaan konsultan, ilmunya banyak yg kepake ngga? aku tertarik masuk tekkim dan salah satu cita2ku jadi konsultan sih kak. Terima kasihh sebelumnyaa

    1. sejujurnya engga banyak kepake dan lama-lama bahkan akan lupa dengan sebagian besar ilmunya karena kalau di konsultan lebih ke arah bisnisnya walaupun ada sedikit tekniknya, tapi sedikit bangeeett.. kalau mau kepake ilmu teknik kimianya memang harus jadi engineer di perusahaan konstruksi atau owner, seperti Pertamina, PGN, Total, Chevron, etc.

    1. untuk lowongan kerja kamu bisa ikutan daftar di ditus2 pencari kerja, banyak banget.. trus rajin-rajin juga ikutan career days gitu, di Linkedin juga banyak bangeettt.. jangan lupa juga saling tukar informasi dengan teman-teman, biasanya networking lebih ampuh.. good luck ya !

  45. oke mbak aku udah terjerumus masuk ke teknik kimia nih apasih saran mbak supaya aku tetap tekun belajar teknik kimia supaya gak down dengan makul makulnya.

    1. saranku cuman 1 aja: kamu harus suka dengan apa yang kamu pelajari 🙂 kalau udah suka, apapun pasti terasa ringan dan lebih mudah.. biar nggak down, selalu dibawa enjoy dan jangan lupa sharing dan belajar bareng dengan teman2, itu ampuh banget !

  46. matematikanya gmn ka? matematikanya tuh cuma hitungan atau ada kayak logaritma dkk (yg dipelajari di SMA) yang perlu banyak konsepnya? soalnya kalo cm hitungannya aja aku suka, tp aku ga terlalu suka sm yg kayak logaritma gt

    1. kalau yang matematika banget cuman ada di tingkat dasar kok, klo udah tingkat 2 ke atas sebenernya lebih banyak fisika dan rumus-rumus. Kuncinya cuman 1: belajar untuk suka dengan apa yg dipelajari, pasti jadi lebih mudah dan ringan !

Leave a comment